1.4. Berbagai Aplikasi Internet

Seiring dengan perkembangan zaman, aplikasi internet pada saat sekarang ini sangat pesat. Internet saat ini sudah mencakup berbagai bidang misalnya bidang Sosial, Ekonomi, Politik, Seni dan Budaya, Bisnis dan juga hiburan.
Adapun aplikasi internet yang paling banyak digunakan adalah :
  • World Wide Web (WWW)
World Wide Web Merupakan Kumpulan Halaman internet yang menyediakan berbagai macam data dan informasi yang disimpan pada web server. Secara umum www juga dikatakan sebagai internet. Sekarang ini www tidak hanya memberikan informasi berupa teks saja, melainkan sudah didukung dengan tampilan gambar, suara dan gambar bergerak (Video).

Dokumen-dokumen yang ada di www tersimpan dalam berbagai format diantaranya html (Hypermark Text Markup Language),PHP, JSP,ASP. Tetapi yang umum digunakan adalah format html.
Dokumen html pada dasarnya merupakan kumpulan dari berbagai dokumen-dokumen lainya yang saling berkaitan. Sehingga ketika kita membuka sebuah halaman html, kita dengan mudah dapat membuka halaman-halaman lainya atau sering disebut dengan istilah Hyperlink (disingkat link).
WWW pertama kali dikembangkan oleh TIM Berners Lee pada tahun1991, kemudian dikembangakan oleh CERN dan resmi digunakan secara luas pada musim panas tahun 1991. Untuk dapat membuka halaman yang disimpan di www diperlukan aplikasi khusu yang disebut Web Browser. Beberapa contoh web browser diantaranya  Internet Explorer, Mozilla Firefox,Opere, Safari, Google Chrome dan lain sebagainya.
  • Elektronik Mail (e-mail)
E Mail merupakan sarana untuk mengirim dan menerima  surat melalui internet. biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan aplikasi ini hanya biaya untuk akses internetnya saja. Layanan email memiliki dua jenis yaitu web based mail dan pop mail
  • Mailing List (Milist)
Adalah aplikasi yang digunakan untuk berdiskusi atau bertukar informasi menggunakan e mail dalam sebuah forum.
  • Newsgroup
 Adalah aplikasi yang digunakan untuk bertukar informasi satu dengan yang lainya menggunakan e mail dalam sebuah forum.
  • Internet Relay Chatt (IRC)
IRC Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap cakap melalui internet atau dikenal dengan istilah Chatting
  • File Transfer Protocol (FTP)
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim (Upload) dan mengambil (Download) file dari internet.